Selasa, 24 Maret 2015

Kebun Raya Bogor



• Taman ini begitu indah dan asri karenanya jangan Anda kotori dengan tindakan merusak pohon dan tanaman, membuang sampah sembarangan, atau perbuatan vandalisme sekadar demi menandai bahwa Anda pernah ke sana. Jelasnya itu tindakan tidak terpuji dan merusak kebun alam yang menjadi kebanggaan nasional. 
• Pada hari Minggu dan hari libur kebun ini biasanya sangat ramai dengan pengunjung yang ingin bertamasya bersama keluarga. Saat itu arah menuju Bogor bisa padat lalu lintas karenanya pertimbangkan waktu yang tepat saat pergi dan pulangnya.
• Kebun ini begitu besar karenanya mungkin Anda bingung memulai dari mana penelusurannya. Nah, rute ini bisa jadi pilihannya:
1. Tugu Reffles
2. Taman Teisjmann
3. Makam kuno Belanda
4. Kolam depan Istana Bogor
5. Melihat bunga bangkai (Amorphophalus titanum)
6. Jembatan Gantung Merah
7. Taman Astrid
8. Taman Air, Taman Mexico dan Patung Sapi
9. Museum Zoologi
10. Garden Shop Kebun Raya

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi menarik, yaitu bunga bangkai atau bunga titan arum (Amorphophallus titanum Becc.) dimana merupakan perbungaan terbesar di dunia mencapai tinggi 3 meter. Pada saat mekar, ia menebarkan bau bangkai sehingga mengundang serangga untuk membantu penyerbukannya. Pastikan Anda mencari tahu dan melihatnya langsung bila memungkinkan.
Kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu komoditi pertanian yang dibawa dari Afrika Barat ke Indonesia dan dikembangkan bibit awalnya di Kebun Raya Bogor. Berikutnya bibit itulah yang menjadi induk kelapa sawitse-Asia Tenggara. Menarik bukan! 
Kunjungi rumah anggrek dimana ada sekira 10.000 spesimen anggrek koleksi Kebun Raya Bogor ditampilkan di sebuah ruangan yang dilengkapi sistem fogging sebagai pengatur kelembaban.
Istana Bogor berada di tengah halaman yang berrumput hijau dimana ratusan rusa tutul merumput setiap harinya. Ini jelas dapat Anda abadikan dengan kamera kesayangan dan pastikan berfoto dengan latar gedungnya itu.
Di dekat pintu masuk kebun terdapat Museum Zoologi yang memiliki koleksi sekitar 300.000 spesies hewan darat dan laut dari seluruh Indonesia. Di museum tersebut juga terdapat kerangka ikan paus biru, badak terakhir yang ditemukan di dataran tinggi Bandung, dan "fosil hidup" ikan coelacanth yang ditemukan di Sulawesi Utara.
Beberapa tempat dan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi adalahTaman Teysmann, sebuah taman bergaya Eropa yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann, salah seorang kurator Kebun Raya Bogor. Tempat lain yang menarik adalah Taman Lebak Sudjana Kasan, Jalan Astrid, Taman Kaktus, juga Monumen J. J. Smith, Jembatan Gantung, Pohon Kalong, Kuburan Belanda, serta Monumen Lady Raffles. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar