Jumat, 30 Januari 2015

Taman Nasional Bunaken



Taman Nasional Bunaken merupakan sebuah taman laut yang letaknya di ujung utara pulau sulawesi. Secara keseluruhan Taman Nasional Bunaken memiliki luas 75.265 ha dan terdiri dari 97 % laut dan 3 % daratan yang meliputi Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Naen, Pulau Mantehage dan Pulau Siladen. Dari kelima pulau tersebut dihuni kurang lebih 21.000 jiwa. Sekitar 390 spseies terumbu karang, berbagai jenis ikan, mamalia laut , reptil, moluska menjadi penghuni Taman Nasional Bunaken.
Keindahan Alam Bawah Laut Di Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken
Secara Geografis Taman Nasional Bunaken berada di "segita emas" yang merupakan jalur perairan laut yang menghubungkan laut papua, indonesia dan filipina. Ketiga laut tersebut dikenal memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Oleh karena itu pada tahun 1991 silam, pemerintahan memalui menteri kelautan meresmikan kawasan ini sebagai Taman Laut Nasional Bunaken. Secara administratif bunaken masuk dalam wilayah manado yang merupakan ibukota Sulawesi Utara.
Taman Nasional Bunaken memiliki biodiversitas laut tertinggi di dunia, sehingga banyak para penyelam dari manca negara untuk berkunjung disini. Terdapat 40 lokasi penyelaman disini yang memiliki berbagai terumbu karang dan ikan yang begitu memanjakan mata. Sedikitnya terdapat 91 jenis ikan seperti nila gasi (Scolopsis bilineatus), koi putih (Seriola rivoliana),goropa (spilotocepsep hinephelus), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira) dll. Salah satu spot yang menarik di Taman Laut Nasional Bunaken adalah terumbu karang yang vertikal dengan kedalaman mencapai 50 meter. Bagi sobat yang menyukai scuba diving. terdapat 20 titik penyelaman yang memungkinkan sobat berenang di dasar laut ditemani biota-biota laut yang menakjubkan.
Keindahan Alam Bawah Laut Di Taman Nasional Bunaken
Keindahan Alam Bawah Laut Di Taman Nasional Bunaken
Untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut bunaken , pastikan sobat datang di waktu yang tepat yakni pada bulan mei hingga agustus. Sobat tak usah repot-repot membawa peralatan diving, karena di Kawasan Taman Nasional Bunaken banyak disewakan peralatan diving dengan harga sekitar 100 ribu untuk setiap harinya. Lokasi penyelaman terbaik berada di kawasan pulau bunaken dan pulau manado tua. Untuk menuju lokasi Taman Nasional Bunaken sobat bisa menggunakan perahu motor dari manado yang memakan waktu sekitar 40 menit. Tiket masuk Taman Nasinal Bunaken adalah Rp 50.000,00 per orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar